10 Cara Hemat Energi Sekaligus Hemat Biaya di Rumah

Mempraktekkan 10 cara terbaik untuk menghemat energi dan biaya di rumah Anda. Simak artikelnya berikut ini.
Cara Hemat Energi

Manusia memang sulit untuk melepas ketergantungannya terhadap energi listrik. Hampir seluruh sektor perekonomian hingga rumah tangga mengandalkan energi tersebut agar bisa berjalan dengan normal setiap harinya. Energi adalah sebuah hal yang wajib ada dan selalu dibutuhkan agar seluruh kegiatan sehari – hari bisa tetap berlangsung. Karena semakin tingginya kebutuhan atas energi tersebut, membuat manusia menjadi terus mengeksploitasi berbagai sumber daya yang ada agar bisa tetap bertahan hidup. Namun, terkadang kita lupa bahwa sumber daya tersebut mempunyai batasan yang bisa kita pakai sebelum akhirnya habis tidak bersisa.

Seiring waktu akhirnya membuat satu per satu menjadi sadar bahwa energi yang kita pakai setiap harinya akan habis dan tidak bisa dibuat kembali. Hingga akhirnya mulailah bermunculan berbagai pilihan energi alternatif yang bisa digunakan berulang kali dan diperbarui tanpa harus khawatir jumlahnya akan berkurang. Meskipun demkian, hal ini juga akhirnya memunculkan kesadaran untuk melakukan kegiatan hemat energi. Agar Anda bisa lebih mengerti dan menyadari betapa pentingnya untuk menghemat energi dalam kesehariannya maka pada artikel kali ini akan membahas mengenai:
  1. Pengertian dari Energi
  2. Penggunaan Energi di Rumah Anda
  3. Dampak Dari Boros Memakai Energi
  4. 10 Cara Hemat Energi di Rumah Anda
  5. Mematikan Perangkat Elektronik jika Sudah Tidak Terpakai
  6. Mengganti Lampu dengan yang Hemat Energi
  7. Menggunakan Air Secukupnya
  8. Membuat Rumah dengan Ventilasi dan Penerangan yang Cukup
  9. Jangan Mengisi Daya Telepon Genggam Semalaman
  10. Mematikan TV Secara Penuh
  11. Menggunakan Perangkat Rumah yang Hemat Daya
  12. Memasang Timer Pada Pendingin Udara
  13. Mencabut Penanak Nasi Jika Sudah Tidak Digunakan
  14. Membuat Jadwal Mencuci Pakaian Sendiri
  15. Keuntungan Menghemat Energi

Cara Hemat Energi 

1. Pengertian dari Energi

Seluruh bentuk kehidupan di dunia membutuhkan adanya energi agar bisa hidup normal. (Foto: Unsplash)
Seluruh bentuk kehidupan di dunia membutuhkan adanya energi agar bisa hidup normal. (Foto: Unsplash)

Memang sudah menjadi sebuah keterikatan antara manusia dengan kebutuhannya atas sumber daya energi. Seluruh aktivitas dari manusia sangatlah bergantung pada energi walau sekecil apapun energinya. Karena kebutuhan atas energi yang semakin meningkat secara pesat akhirnya manusia secara terus menerus melakukan eksploitasi terhadap sumber daya alam yang ada untuk memenuhi kebutuhannya tersebut.

Dengan ekspoloitasi yang berlebihan akhirnya satu demi satu sumber daya energi semakin berkurang secara cepat dan jauh diluar dari perkiraan. Ketika sumber energi tersebut semakin berkurang otomatis membuat harga pasar hasil olahannya menjadi terus meningkat dan semakin sulit untuk dijangkau oleh banyak orang. Meskipun sedikit terlambat akhirnya banyak yang sadar bahwa kita hidup harus menghemat sumber daya energi karena tidak bisa diperbarui lagi dan harus disisakan untuk anak dan cucu Anda sendiri.

Pada awal tahun 1970-an akhirnya bermunculan berbagai kegiatan yang mengedepankan sumber energi yang terbarukan agar manusia bisa terus menggunakannya tanpa bergantung dari sumber energi yang sudah ada. Hingga akhirnya saat ini sudah semakin banyak produk hingga sarana transportasi yang menggunakan sumber energi terbarukan yang hemat daya dan bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Agar bisa lebih mengerti mengenai cara untuk menghemat energi, ada baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui apa itu pengertian dari energi. Dikutip dari Wikipedia, energi berasal dari bahasa Yunani yaitu Energia yang berarti sebuah kegiatan ataupun aktivitas. Energi sendiri dapat diartikan sebagai suatu kemampuan untuk melakukan sebuah usaha atau pekerjaan.

2. Penggunaan Energi di Rumah Anda

Berbagai perangkat elektronik di rumah Anda membutuhkan energi yang besar. (Foto: Unsplash)
Berbagai perangkat elektronik di rumah Anda membutuhkan energi yang besar. (Foto: Unsplash)

Setiap rumah tangga pasti mempunyai berbagai peralatan elektroniknya masing – masing. Jika tidak dibatasi, mungkin setiap rumah tangga akan menggunakan berbagai alat elektronik secara terus menerus tanpa memikirkan dampaknya kepada lingkungan. Di dalam rumah Anda mungkin terdapat beberapa alat elektronik yang membutuhkan daya besar dan tentunya akan menggunakan energi yang lebih banyak dari alat yang lain.

Salah satu alat elektronik yang menggunakan energi besar adalah alat pompa air. Mesin pompa mebutuhkan daya yang tidak sedikit agar bisa mengalirkan air dari dalam tanah menuju tempat penampungan air di rumah Anda. Dengan belajar berhemat untuk menggunakan air Anda juga sekaligus menghemat pemakaian energi listrik.

Di dalam rumah Anda juga biasanya terdapat sebuah mesin cuci. Mesin cuci termasuk salah salah satu peralatan elektronik di rumah yang menggunakan energi besar agar bisa beroperasi dan digunakan secara normal. Pastikan agar Anda menggunakan mesin cuci yang paling hemat daya dan mengoperasikannya hanya dalam waktu tertentu saja.

3. Dampak Dari Boros Memakai Energi

Mungkin Anda tidak akan menyangka ketika Anda sedang melakukan pemborosan memakai energi akan membawa dampak yang buruk bagi setiap orang. Sebelum melihat dalam cakupan yang lebih luas, sebaiknya Anda terlebih dahulu mengerti dampak dari boros memakai energi terhadap rumah tangga Anda sendiri.

Dilansir dari Media Siber Lampung, kebiasaan untuk menggunakan energi secara tidak tepat guna akan menyebabkan kerugian bagi siapa saja. Dengan menggunakan energi yang boros akan membuat tagihan listrik Anda menjadi membengkak setiap bulannya. Bisa Anda bayangkan berapa banyak tagihan yang harus Anda bayarkan jika seluruh perangkat elektronik di rumah Anda terus menyala dalam waktu yang bersamaan.

4. 10 Cara Hemat Energi di Rumah Anda

Anda tidak perlu jauh – jauh untuk melakukan perilaku menghemat energi karena Anda bisa lakukan sendiri melalui rumah Anda terlebih dahulu. Dengan belajar menghemat energi dari rumah akan membawa banyak dampak positif bagi Anda dan banyak orang. Di bawah ini merupakan 10 cara yang bisa Anda gunakan untuk menghemat energi di rumah:

1. Mematikan Perangkat Elektronik Jika Sudah Tidak Digunakan

Dikutip dari Cek Aja, salah satu cara menghemat energi paling sederhana dan bijaksana adalah dengan membiasakan untuk mematikan semua peralatan elektronik jika sudah tidak digunakan lagi. Dengan mencabut kabel secara keseluruhan akan memutus aliran listrik pada berbagai peralatan elektronik yang Anda punya.

2. Mengganti Lampu dengan yang Hemat Energi

Metode berikutnya yang bisa Anda coba untuk menghemat listrik di rumah Anda adalah dengan mengganti lampu rumah dengan yang lebih hemat energi. Lampu LED bisa menjadi salah satu solusi rumah yang hemat daya. Lampu LED membutuhkan daya yang lebih kecil dari lampu konvensional umumnya dan akan membuat tagihan listrik rumah Anda menjadi lebih berkurang.

3. Menggunakan Air Secukupnya

Cara menghemat energi berikutnya yang bisa Anda coba di rumah adalah dengan mulai menggunakan air secukupnya. Dengan membatasi pemakaian air di rumah maka Anda bisa mengurangi terbuangnya air yang sangat berharga dengan sia – sia. Anda juga bisa meminimalisir penggunaan listrik karena pompa air tidak akan bekerja secara terus menerus untuk mengalirkan air dari tanah menuju tempat penyimpanan air.

4. Membuat Rumah dengan Ventilasi dan Penerangan yang Cukup

Metode untuk menghemat energi yang berikutnya adalah dengan Anda membuat rumah agar mempunyai ventilasi dan penerangan yang cukup. Bukalah gorden dan jendela Anda di pagi hari agar semua udara segar dan cahaya bisa masuk dengan mudah ke dalam rumah Anda. Pastikan juga agar setiap kamar mempunyai lubang udara agar ruangan menjadi sejuk dan tidak membutuhkan pendingin udara lagi.

5. Jangan Mengisi Daya Telepon Genggam Semalaman

Meskipun saat ini telepon genggam sudah lebih canggih untuk membatasi daya listrik yang masuk agar tidak mengakibatkan kelebihan daya namun itu tidak mengurangi banyaknya listrik yang terus mengalir setiap malam. Dengan tidak mengisi daya telepon genggam semalaman bisa mengurangi pemakaian listrik di rumah Anda secara besar sekaligus mengurangi terjadinya risiko kebakaran akibat panas yang ditimbulkan oleh alat pengisi daya.

6. Mematikan TV Secara Penuh

Mungkin banyak yang mengira dari Anda tombol yang ada pada remot untuk mematikan TV sudah secara benar – benar memotong daya yang mengalir. Padahal dengan mematikan TV melalui remot hanya akan menempatkan TV pada mode standby dan listrik masih akan tetap mengalir sampai Anda benar – benar mencabut kabel pada TV Anda. Mematikan TV secara benar merupakan hal yang sangat sederhana namun sering kita lupakan.

7. Menggunakan Perangkat Rumah yang Hemat Daya

Cara untuk menghemat energi berikutnya adalah dengan mulai menggunakan perangkat elektronik pada rumah yang hemat daya. Sebagai contoh, carilah penanak nasi yang berkapasitas sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda agar daya yang dikeluarkannya tidak terlalu besar dan sesuai dengan yang dibutuhkan saja.

8. Memasang Timer pada Alat Pendingin Udara

Salah satu penyebab tagihan listrik dirumah menjadi meningkat adalah karena Anda lupa untuk mematikan dan memasang timer pada alat pendingin udara Anda. Pastikanlah agar Anda untuk memasang timer pada AC ketika Anda hendak tidur agar tagihan listrik Anda tidak menjadi meningkat.

9. Mencabut Penanak Nasi Jika Sudah Tidak Digunakan

Cara untuk menghemat energi yang berikutnya adalah Anda harus segera mencabut penanak nasi jika sudah selesai digunakan. Kurangilah untuk menggunakan fitur penghangat karena daya listrik yang digunakannya cukup besar dan bisa membuat tagihan listrik Anda meningkat.

10.  Membuat Jadwal Mencuci Pakaian Anda Sendiri

Pastikanlah agar Anda mempunyai jadwal mencuci pakaian Anda sendiri dengan tetap setiap minggunya. Dengan membuat jadwal sendiri Anda bisa menghemat pemakaian air untuk mencuci baju sekaligus tidak menggunakan mesin cuci terlalu sering.

Keuntungan Menghemat Energi

Dengan belajar untuk menghemat energi tentunya ada banyak manfaat dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Salah satu keuntungan yang bisa Anda langsung rasakan saat itu juga adalah berkurangnya pengeluaran Anda untuk membayar tagihan listrik ataupun pemakaian air. Keuntungan berikutnya yang bisa dirasakan dalam jangka waktu yang panjang adalah untuk menjaga sumber daya alam yang jumlahnya saat ini sudah semakin sedikit dan menyisakannya untuk anak dan cucu Anda kelak.

Itulah beberapa cara hemat energi yang bisa Anda langsung praktekkan di rumah Anda sendiri. Dengan belajar menghemat energi tentunya akan membawa manfaat yang banyak bagi siapa saja. Selamat mencoba.


Comments

Post a Comment